Wednesday, November 2, 2011

Aku Untuk Bangsaku (Part 2)

Mungkin tak banyak orang yang tahu, apa itu Forum Indonesia Muda (FIM). Bahkan saya sendiri baru tahu itu beberapa bulan yang lalu setelah salah seorang teman saya mempromosikan di twitter. FIM adalah sebuah forum independen yang beranggotakan pemuda dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi maupun organisasi kepemudaan di Indonesia, dari Aceh sampai Papua, bahkan yang sedang berada di luar negeri. FIM dibentuk untuk menjadi sarana peningkatan kompetensi pemuda dan mahasiswa dalam rangka mempersiapkan pemimpin masa depan dan wahana silaturahmi antar pemuda dari berbagai latar belakang. Begitulah kiranya sedikit deskripsi tentang FIM. Untuk lebih tahu tentang kegiatan apa saja selama FIM, silakan ikuti alur ini...

Hari pertama dan kedua, para peserta diharapkan mau mengerti kondisi bangsa Indonesia. Dalam FIM, didatangkan pembicara-pembicara yang hebat, yang lebih memahami tentang situasi dan kondisi negara Indonesia karena mereka telah lama berkecimpung di bidang keahliannya masing-masing. Selain menambah pengetahuan, kita bisa memanfaatkan pembica-pembicara tersebut untuk lebih mencari tahu jawaban yang selama ini mengganjal.

Kegiatan yang dilakukan selama satu minggu beragam. Mulai dari diskusi, assessment masyarakat, melakukan beberapa proyek sosial, outbound, dan beragam kegiatan yang memiliki nilai-nilai kepemudaan. Yang pasti, kegiatan-kegiatan itu akan semakin mempererat tali silaturahmi antar peserta serta mempertajam nilai kepekaan peserta.

Sesuai dengan tema "Sumpah Pemuda" yang diusung FIM 11 kali ini, para peserta mendapat malam perenungan, di malam Sumpah Pemuda. Kami pun menyadari bahwa peran pemuda sangat penting untuk keberlangsungan negara Indonesia tercinta.

Terima kasih kepada panitia, yang merupakan alumni FIM sebelumnya, yang telah berusaha memberi pelayanan terbaiknya selama acara. Terima kasih pada salah satu alumni FIM yang telah memperkenalkan saya dengan acara yang hebat ini lewat twitter =) Walaupun ada beberapa teman yang kurang puas, pasti itu akan menjadi pembelajaran untuk acara FIM selanjutnya. Personally, saya juga berterima kasih kepada panitia yang telah membelikan saya obat FG Troches, karena sampai saat ini saya belum tahu siapa kah gerangan panitia baik hati itu..?? It helps me and some of my friends a lot.. ^^ Belajar dari pengalaman, semoga FIM selanjutnya akan lebih baik dan sukses.

Dan inilah keluarga kunang-kunang yang baru, FIMaga, FIM angkatan 11. Semoga cahaya kita akan terus bersinar dan memberikan berbagai warna kehidupan untuk lingkungan sekitar. Semoga semangat kepemudaan kita tidak akan luntur termakan oleh waktu. May this brotherhood last forever, till we become one of the next leader in future. I am so delighted to know you all within this precious experiences. Keep in touch ya guys..!!

Then guys, what else are you waiting for...!! Fireflies, keep shining in your own way..this country needs you all.. ^^v

4 comments:

  1. sungguh sedih ketika harus menuliskan komentar untuk setiap tulisan FIMaga.

    kita harus menjadi kunang2 dahulu di daerah masing2,
    lalu, kunang2 itu bersatu untuk menerangi Indonesia ku...

    tak sabar rasanya menunggu saat itu...

    ReplyDelete
  2. hohohoo..
    jangan sedih dunk..jadikan semangat ajalaahh.. ^^

    betul..betul..
    see ya next time.. :)

    ReplyDelete
  3. adakah sesuatu yang bisa lebih mewakili dirimu agak tampak lebih nyata bagiku?
    FIM 11 harusnya setahun ya... :)

    ReplyDelete
  4. wkwkwk...
    mas'e bahasane sesuatu banget deh.. :))

    semangat2..
    nulis2 boleh, jgn lupa nulis skripsi..
    wkwkwk.. :P

    ReplyDelete